Sunday, May 23, 2010

MEMATIKAN WINDOWS GENUINE

Satu hari teman saya mengeluh karena laptop yang dia gunakan sering sekali muncul permintaan update windows, saya langsung bisa menduga bahwa yang dia maksud adalah WGA (Windows Genuine Advantage) ato Windows Genuine Validation. Karena dulu saya pernah menghadapi masalah yang sama, jadi dengan senang hati saya membantu (kebetulan orangnya cakep, pake jilbab lg huehue...).

Menurut om Wiki (id.wikipedia.org), WGA itu merupakan sistem anti pembajakan yang di keluarkan oleh si empunya yaitu Microsoft. Tujuanya untuk memastikan bahwa produk yang digunakan asli, tulen, orisinil dll. Sistem WGA akan menghalangi pengunduhan (pengambilan data) dari Microsoft Download Center jika sistem operasi yang digunakan tidak diketahui keasliannya. Sistem WGA melindungi sistem operasi Windows 2000, XP, Vista dan Windows 7 tapi tidak pada Windows Server 2003 atau keluarga Windows 9X (windows 98 ke bawah).

Biasanya kejadian ini bermula pada saat kita mematikan komputer, di situ akan muncul pilihan Turn Off seperti tampak pada gambar. Karena produk yang digunakan tidak asli maka si empunya menghentikan proses download. Nah, dari situ Miscrosoft mulai jatuh cinta dengan terus-menerus menggoda dengan WGA-nya hehe...

Begini cara ampuh untuk menolak cinta matinya Microsoft :
  1. Buka Task Manager dengan menekan Ctrl+Alt+Del.
  2. Klik tab Processes, cari wgatray.exe dan klik tombol End Process.
  3. Restart komputer dan masuk ke dalam Safe Mode (tekan F8 sebelum logo windows muncul).
  4. Pada Safe Mode buka menu Run (tombol bendera di keyboard+R). Ketik Regedit lalu Enter.
  5. Setelah jendela Regedit muncul gunakan menu Edit > Find. Ketik WGALOGON klik tombol Find Next, atau cari dengan manual HKEY_LOCAL_MACHINE/SOFTWARE/microsoft/windowsNT/CurrentVersion/WinlogonNotify. lalu delete folder WGALOGON.
  6. Restart komputer seperti biasa.
Sebenarnya sampai disini sudah cukup. tapi kalau kita ingin bener2 menolak cintanya hapus file-file berikut :
  • C:WINDOWS/system32/WgaLogon.dll
  • C: WINDOWS/system32/WgaTray.exe
  • C:WINDOWS/system32/LegitCheckControl.dll
Terakhir, tinggal matiin fitur Update Automatic yang ada di windows. Yakin si Microsoft nggak akan PDkate lg ma kite hehe.. Semoga bermanfaat yee....

"Maaf tips ini bukan bermaksud untuk mendukung legalitas pembajakan, tetapi hanya sekedar bagi informasi yang bertujuan untuk pendidikan."

0 comments:

Post a Comment