Tuesday, July 27, 2010

GUY FAWKES



Ngeliat profile temen di FB yang pake fotonya mas Guy bikin tangan jadi gatel, dengan semangat yang membara coba bikin karakter topeng dari wajah Guy Fawkes yang ada di film "V For Vendetta". Di buat pake 3ds max versi 9, technik modeling pake Plane Geometry yang di konfersi ke Editable Poly, v-ray rendering, selesai dalam waktu satu hari satu malam di sela-sela waktu kerja (itung-itung nambah portfolio hehe...).

Untuk nambah pengetahuan sekalian aja di tampilin beberapa kutipan tentang Guy Fawkes, begini ceritanya :
Guy Fawkes adalah anggota kelompok revolusioner Katolik Roma yang bersekongkol melawan kaum bangsawan Inggris di tahun 1605. Usahanya untuk meledakkan Gedung Parlamen yang di dalamnya terdapat Raja James I beserta keluarganya juga kaum bangsawan Protestan berhasil digagalkan oleh pihak yang berwenang.



Dan dia tertangkap. Sebenarnya Fawkes dan koleganya telah menyusun sebuah rencana yang sangat matang, memakai gudang bawah tanah di bawah The House of Lords (nama gedung parlemennya) sebagai markas mereka dan menyembunyikan 30 tong bahan peledak di sebuah tempat tersembunyi.
Tujuan dari semua ini, Fawkes dan rekan-rekannya menginginkan longgarnya pengaruh kerajaan Spanyol atas urusan Inggris. Di bawah penyiksaan pun, dia menolak untuk menyebutkan nama kawan-kawannya sampai dia yakin mereka sudah mengaku.
Dia dijatuhi hukuman, digantung, ditenggelamkan, dan tubuhnya dibagi menjadi empat di tahun 1606, tetapi di panggung hukuman dia berhasil mengelabui algojo, lompat dan akhirnya mati karena lehernya patah akibat lompatannya, di ujung kematiannya dia tetap "licin".
Cerita dari si Fawkes ini menjadi inspirasi di film "V for Vendetta". Hari ini pemberontakan Guy Fawkes diperingati orang Inggris setiap tanggal 5 November, nama peringatannya Bonfire Night.

V for Vendetta sendiri berawal dari sebuah komik miniseri yang ditulis oleh Alan Moore dan diilustrasikan oleh David Lloyd. Bersetingkan di Inngris dalam masa depan yang mencekam, sekitar tahun 1980-an sampai 1990-an. Seseorang anarkis yang misterius bernama "V" bekerja untuk menghancurkan pemerintahan totaliter, dengan situasi yang mendalam mempengaruhi orang yang ia hadapi.



Serie ini menggambarkan Inggris mendekati masa depan setelah perang nuklir terjadi, yang mana telah menyisakan banyak dunia yang hancur. Di masa depan ini, sebuah partai fasis yang bernama "Norsefire" telah muncul sebagai kekuatan yang berkuasa. "V", seorang revolusioner anarkis berdandan dengan topeng Guy Fawkes, mulai mengkampanyekan secara rumit, keras dan teatrikal, untuk menjatuhkan pemerintahan tersebut.

0 comments:

Post a Comment