Monday, June 7, 2010

KAMPANYE IKLAN TAKAFUL ABROR, BAB IV

TEKNIS PRODUKSI MEDIA

4. 1. Media Koran

Luas ukuran 42 cm x 29,7 cm cetak sparasi diatas kertas koran dengan format landscape, memanfaatkan setengah dari halaman penuh media koran Pikiran Rakyat yang berukuran 54 cm x 35,6 cm format potrait. Pertimbangan hanya menggunakan setengah dari halaman penuh media koran adalah selain faktor biaya, juga memperbesar kemungkinan pesan dicerna lebih lama, karena bagian lain dalam ruang yang sama diisi dengan kabar berita berwarna hitam putih, dengan begitu target sasaran memiliki peluang besar mencerna isi pesan sambil mengkonsumsi isi berita.

Gambar 5 Media Koran



4. 2. Media Bollboard

Billboard merupakan salah satu media yang paling dekat dengan target sasaran ketika sedang berkendara di jalanan, perempatan lampu merah atau jalan-jalan yang sering sekali terjadi kemacetan merupakan tempat yang strategis dimana pesan kampanye dapat disampaikan dengan waktu lebih lama untuk dapat dilihat dan dicerna oleh target sasaran. Teknik produksi yang dilakukan pada media billboard sedikit berbeda dengan apa yang ada pada umumnya, tidak hanya mengandalkan kelebihan dari visual tapi juga memanfaatkan bentuk tiga dimensi dalam penyampaian pesan.


Gambar 6 Media Billboard



Media billboard dengan versi perban misalnya, papan billboard yang berukuran 600 cm x 300 cm dan tinggi mencapai 700 cm ditempel dengan busa yang berbentuk kepala mobil jenis Minibus, tampak rusak akibat menabrak papan billboard hingga menembus keluar, kemudian papan billboard dibungkus dengan kain putih yang berukuran lebar 20 cm dan panjang secukupnya sebagai gambaran atas jaminan yang diberikan. Eksekusi yang sama juga diterapkan pada versi jahitan dan plaster, dimana potongan-potongan tali ditempel tepat pada gambar sobekan yang ada pada kepala mobil jenis Sedan, dan kerusakan yang terjadi pada bagian depan mobil jenis Jeep, ditempel dengan kain putih yang berisi busa, sehingga tampak lebih menonjol. Untuk copy visual, no. telepon dan logo Takaful Abror, dicetak dengan tekhnik sablon pada selembar plastik yang berupa police line.


4. 3. Media Ambient

Penyampaian pesan melalui media ambient merupakan salah satu cara untuk lebih mendekatkan Takaful Abror kepada khalayak sasarannya, memanfaatkan lingkungan sekitar dimana masyarakat biasanya menggunakan kendaraan mereka. Seperti tampak pada gambar dibawah ini, terdapat tiang pembatas lampu merah yang rusak akibat tertabrak mobil, kemudian dibungkus dengan perban sebagai gambaran atas pesan Takaful Abror yang memberikan jaminan lebih banyak dengan satu kali pembayaran premi. Inti pesan disampaikan melalui kata-kata yang tertera pada police line, biasa digunakan untuk melindungi Tempat Kejadian Perkara (TKP). Teknis produksi yang dilakukan benar-benar membungkus tiang pembatas yang rusak dengan kain perban, kemudia dikelilingi dengan police line terbuat dari kertas plastik yang disablon dengan warna hitam.


Gambar 7 Media Ambient

4. 4. Media Majalah

Pesan yang disampaikan memanfaatkan karakter fisik dari majalah yang berukuran 41,1 cm x 27,4 cm, lipatan yang tepat berada ditengahnya digunakan untuk mengangkat gambar police line yang ditempel pada permukaan visual sehingga menimbulkan efek tiga dimensi, hal ini adalah usaha yang dilakukan untuk menahan selama mungkin pembaca majalah, sehingga memberi kesempatan pada pesan untuk dicerna, tekhnik produksi menggunakan cetak ofset.


Gambar 8 Media Majalah

4. 5. Surat Langsung

Surat langsung (direct mail) diterapkan pada kampanye tahap kedua dimana tujuannya adalah untuk mengajak masyarakat yang berpotensi untuk menjadi peserta Takaful Abror. Melalui media ini Takaful Abror dapat secara langsung menyajikan banyaknya jenis jaminan yang diberikan dalam satu kali pembayaran premi kepada target sasaran yang dituju. Produksi yang dilakukan dengan cara cetak sparasi yang akan.


Gambar 9 Surat Langsung (Direct Mail)

4. 6. Internet

Media global yang juga biasa digunakan oleh target sasaran secara demografis dalam mandapatkan informasi, peluang untuk menyampaikan pesan terbuka dengan memanfaatkan situs resmi harian umum Pikiran Rakyat. Melalui media ini pesan bahwa Takaful Abror memberikan banyak jaminan dalam satu kali pembayaran premi disampaikan dengan satu kali klik, maka pengguna mendapatkan informasi setiap jaminan dalam window yang berbeda sebagai rasional kreatif memberi lebih banyak. Iklan dalam media ini dibuat dengan luas layar 1024 x 576 pixel, resolusi 300 dpi.


Gambar 10 Media Internet

1 comments:

inkubasi said...

untuk media internet ngk bisa di tampilkan file aslinya, soalnya tidak diketahui keberadaanya entah di mana. jadi cuma di tampilkan screenshot-nya aja, harap maklum.

Post a Comment